Breaking News

Jumat, 28 September 2018

Resensi Buku Fakta Baru Walisongo

Resensi Buku Fakta Baru Walisongo



“Telaah Krtitis Ajaran, Dakwah dan Sejarah Walisongo”

Penulis          : Ustadz Zainal Abidin bin Syamsudin
Penerbit         : Pustaka Imam Bonjol
Halaman        : 383. (Hardcover)
Harga             : <> Rp.100.000 (Mungkin cek aja di toko online)

            Benarkah Jawa diislamkan atau Islam dijawakan? Mungkinkah Islam menjadi agama mayoritas di pulau Jawa hanya sebatas usaha Sembilan orang yang disebut Walisongo, atau bahkan sebenarnya walisongo tidak pernah ada? Inilah polemik saat sosok Walisongo diperbincangkan.
            Tampaknya sosok Walisongo akan terus menjadi idola terutama bagi orang jawa. Makam mereka dibanjiri para penziarah, walaupun gambaran walisongo dibenak mereka masih kabur dan tidak jelas. Bahkan Walisongo yang dianggap sebagai tokoh utama dalam sejarah penyebaran islam ditanah jawa dalam historiografi jawa tampil sebagai sosok mistis, sakti dan memuja praktik klenik seperti bertapa, pemujaan roh terhadap leluhur, tidak terlibat dalam kehidupan sosial-politik profane. Sosok walisongo sangat berlawanan dengan kehidupan generasi awal penyebaran islam yang sarat dengan petualangan politik yang patriotic, berwatak sosial dan apresiasi rasional terhadap tradisi dan kultur-kultur local yang berkembang di masyarakat.
            Malah sosok walisongo baik sebagai pribadi maupun lembaga dakwah yang memenuhi kualifikasi keorganisasian yang solid, dan strategi maupun perjuangan Dakwah yang hebat, hampir lenyap ditelan legenda, dongeng dan mitos. Sehingga mendata sejarah dan ajaran walisongo butuh sikap cermat, nalar sehat, telaah kritis dan obyektif agar muncul kembali sebagai sosok logis, figure bertalenta dan juru dakwah yang berhasil dengan sukses menyampaikan dakwah islam kepada masyarakat jawa yang sebelumnya mayoritas memeluk agama hindu, budha dan animisme yang akhirnya masyarakat jawa memeluk agama islam. (Resensi ini saya kutip langsung dari buku fakta baru walisongo karya Ustadz Zainal, Pustaka Imam Bonjol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By